HOOQ
Sumber Foto : Dokumen Pribadi

Aku dan Menonton Film

Setiap orang memiliki hobby atau kesukaan yang berbeda-beda. Kalau saya, saya sangat suka dengan menonton film, baik itu di bioskop atau menonton di rumah, baik melalui saluran TV swasta ataupun DVD. Namun, apabila ke bioskop saya akan pilah-pilih film mana yang akan saya tonton, kebanyakan yang saya tonton di bioskop adalah film-film Hollywood ber-genre Sci-fic, Action atau Thriller. Hal tersebut dikarenakan film-film dengan genre tersebut pasti memiliki banyak efek-efek suara dan visual yang membuat kita terhanyut dalam cerita. Lalu bagaimana dengan film Indonesia?

I Love Movies
Sumber Foto : http://www.spreadshirt.ca

Terkadang saya juga suka menonton bioskop Indonesia, tapi perbandingannya dengan film Hollywood bisa 5:1. Sebenarnya banyak film Indonesia yang ingin saya tonton. Namun biaya untuk menonton film di bioskop itu sering membuat saya berpikir dua kali. Bayangkan, untuk tiket saja kita bisa menghabiskan 50-60rb (tergantung bioskopnya dimana sih), belum beli snack-nya, belum ongkos bensin ke Mall-nya, belum makannya. Kalau dihitung-hitung menonton bioskop bisa menghabiskan Rp 200.000 – Rp 300.000. Selain itu, karena kesibukan kerja yang memakan waktu dari senin-jumat, membuat waktu untuk menonton bioskop hanya bisa dilakukan pada hari sabtu/minggu. Namun biasanya apabila merasa terlalu lelah, saya lebih memilih hibernasi di rumah. Karena itulah terkadang hal tersebut menjadi dilema tersendiri buat saya yang suka nonton film ini.

 

First Impression dengan HOOQ

Bahagia adalah ketika kita bisa menemukan seseorang yang mengerti diri kita, mau menemani kita kapanpun, dimanapun dan dalam suasana apapun. Yaa, begitulah kesan saya setelah menemukan aplikasi ini secara tidak sengaja waktu itu. Karena penasaran saya pun browsing di internet mengenai layanan yang ditawarkan oleh HOOQ. Hal yang pertama kali saya cari tahu adalah biaya berlangganan yang harus saya bayar untuk bisa mengakses aplikasi HOOQ ini. Setahu saya, tidak semua aplikasi memberikan fasilitas free, pasti ada biaya yang harus dibayar setiap bulannya. tak lama setelah masuk kedalam website HOOQ saya menemukan keterangan dibawah ini.

 

HOOQ
Sumber Foto : HOOQ.TV

Wow! Rp 49.500 untuk 10.000 film dan TV serial. Berarti untuk satu film biayanya sekitar Rp.5. Murah banget! Ketika melihat di pojok kanan bawah tertulis, “Pembatalan kapan saja tanpa biaya tambahan”. “Waah, bagus ni”, pikir saya waktu itu. saya rasa tidak ada ruginya saya coba aplikasi ini. Toh, kalau tidak puas setelah daftar, bisa dibatalkan kapan saja.

Mengenal HOOQ Lebih Dekat

Akhirnya saya memutuskan untuk mendaftar melalui gadget. Prosesnya cukup mudah. Berikut saya berikan urutan pendaftarannya. Karena handphone yang saya gunakan adalah Android maka ini adalah skema pendaftaran HOOQ untuk Android.

Skema Pendaftaran HOOQ dari Android
Skema Pendaftaran HOOQ dari Android (Sumber Foto : Dokumen Pribadi)

Apabila ingin mendaftar lewat website maka prosesnya hanya berbeda di step 1, 2 dan 3 saja. Jika ingin mendaftar melalui web maka buka http://www.hooq.tv/welcome. Lalu klik “Coba Sekarang”. Setelah itu lanjutkan seperti step ke -4 seperti pada gambar di atas. Hanya bedanya, kalau mendaftar melalui web maka yang diminta untuk pendaftaran adalah alamat email saja, tidak ada pilihan mendaftar dengan nomer handphone.

pendaftaran HOOQ
Sumber Foto : http://www.hooq.tv/welcome

Untuk aplikasi HOOQ ini, kamu bisa menonton film-film kesukaan kamu di PC dan gadget dengan satu kali pendaftaran. Selanjutnya kamu bisa Log In diberbagai device (Gadget/PC) dengan menggunakan alamat email/nomer handphone yang sama ketika mendaftar. Nanti setelah itu kamu akan diminta memasukkan kode OTP (One Time password) atau verifikasi yang dikirim ke Handphone/email kamu. Tapi ingat, jumlah device yang bisa digunakan hanya 5 (lima) ya! Jangan kamu bagikan email/no.handphone kamu ke 1 (satu) RT di komplek kamu, hehehe. Kalau misalnya kamu menonton di gadget lalu terhenti dan ingin melanjutkan ke PC juga bisa. Ketika sudah berhasil log in, kamu akan disuguhkan layar judul yang belum selesai kamu tonton. Jadi kamu bisa lngsung melanjutkan tontonan kamu tanpa harus pusing mencari menit terakhir yang kamu tonton.

Okeh! kembali kepada cerita saya ketika berkenalan dengan HOOQ. Setelah selesai mendaftar tertera di sana kalau saya mendapatkan 7 hari free akses untuk layanan ini. Hihiihi, beruntung. Awalnya saya mau langsung mencoba yang paket 1 bulan, tapi ternyata bisa dapat gratis dulu. Senang sekali.

Lalu, tanpa banyak membuang waktu saya mulai menelusuri judul-judul film yang ada. Wow! Banyak sekali koleksi filmnya! Dari mulai film lawas sampai film yang masih tergolong baru, dari film Indonesia sampai film Hollywood. Di dalam aplikasi ini kita bisa melakukan penelusuran berdasarkan banyak jenis film. Bahkan kalau kita punya anak kecil dan ingin mencari film-film yang cocok untuk anak-anak, disini sudah ada pembagiannya, seperti Toddlers, Little Kids dan Big Kids. Berikut adalah beberapa hasil screen shoot yang saya buat untuk jenis-jenis film yang dimiliki oleh HOOQ.

This slideshow requires JavaScript.

Ketika saya periksa judul film yang ada di dalam HOOQ saya melihat banyak film-film Indonesia yang ingin saya tonton (Sebut saja: Winter in Tokyo, Remember When, Pasir Berbisik, AADC dan masih banyak lagi) Lalu saya menemukan ada koleksi TV series yang saya suka seperti Nikita, Friends, Flash. O My God! Mungkin saya harus mengambil cuti kalau mau menghabiskan semua judul-judul film ini.

I Love U, HOOQ.

Akhirnya setelah paket free saya sudah habis, saya membeli paket untuk yang 1 (satu) bulan. Sebenarnya kalau dihitung-hitung akan lebih hemat apabila membeli langsung yang setahun, tapi apalah daya, pengeluaran perbulan harus tetap dijaga ketat. Ini informasi untuk biaya berlangganannya dari mulai mingguan sampai tahunan.

Aku dan HOOQ di Tengah Kemacetan

Seperti biasa, baik pergi atau pulang kerja, kita akan disuguhkan pemandangan yang sama. Kemacetan ibukota Jakarta. Biasanya dalam menghadapi hal seperti ini aku memilih untuk tidur. Untungnya bus yang aku tumpangi memiliki konsep “tidak ada yang berdiri” alias apabila kursi penuh, maka mereka tidak akan mengangkut penumpang lagi. Sehingga otomatis apabila menaiki bus ini, aku pasti mendapat tempat duduk. Berbeda dengan hari-hari sebelumnya, setelah menginstal HOOQ di Handphone saya, ada aktivitas lain yang bisa saya lakukan sambil menunggu bus tersebut sampai tujuan, yaitu menonton film kesukaan saya. Yaa, menonton yang sudah saya tonton atau menonton film baru. Yang pasti saya bisa menghabiskan waktu membosankan di dalam bus dengan aktivitas yang menyenangkan. Selain mendapat aktivitas baru, sesekali saya juga mendapat teman baru di dalam bus, hehehe. Orang di sebelah tempat duduk saya terkadang merasa penasaran dengan apa yang saya tonton. Apabila menemukan orang seperti itu, maka dengan senang hati saya berbagi headset dengannya.

Aku dan HOOQ di Tempat Kerja

Kantorku memiliki jadwal pulang jam 5.30 sore. Waktu yang nanggung untuk pulang karena sebentar lagi akan tiba waktu magrib. Biasanya aku mengisi waktu dengan browsing berbagai hal yang bisa aku browsing di layar komputer. Namun setelah menginstal aplikasi HOOQ, aku bisa mengisi waktu tersebut dengan menonton film yang belum aku tonton di layar komputerku. Aplikasi HOOQ bisa dijalankan di mobile phone dan juga desktop. Yang menyenangkan adalah kita bisa melanjutkan menonton film yang sempat tertunda di dua perangkat tersebut.

Aku dan HOOQ di Rumah

Weekend adalah waktu untuk beristirahat di rumah. Yupss, setelah berkutat dengan kesibukan kantor selama 5 hari penuh, rasanya badan ini menuntut istirahat di hari sabtu-minggu. Biasanya aku hanya mengisi waktu libur tersebut dengan tidur atau mendengarkan musik. Aku tidak begitu suka menonton TV karena kebanyakan siarannya adalah sinetron. Setelah menginstal aplikasi HOOQ, aku bisa mengisi waktu liburku dengan menonton film kesukaanku. Tidak perlu mengeluarkan uang untuk nonton bioskop, snack ataupun ongkos jalan menuju mall terdekat. senangnyaaa….

Sekarang saya bisa menonton kapanpun dan dimanapun saya berada. Ketika berada ditengah kemacetan, ketika sedang menunggu orang, ketika sedang di rumah atau ketika jam istirahat dikantor. Kapanpun saya bisa menonton tanpa harus khawatir dengan biaya bulanan yang membengkak. Terimakasih untuk HOOQ yang selalu ada untuk saya dimanapun dan kapanpun. I love You HOOQ. I HOOQ U.

Are You Ready to Get HOOQ’d?

Leave a Reply

