Pilihan Tepat Berinvestasi Reksa DanaInvestasi menjadi topik perbincangan yang hangat saat ini. Banyak orang mulai penasaran dan mencari tahu berbagai informasi mengenai investasi yang ditawarkan oleh para lembaga keuangan di Indonesia. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan seseorang sebelum ia memutuskan untuk melakukan investasi, diantaranya adalah keuntungan, keamanan dan kemudahan. Jika berbicara mengenai keuntungan, maka kita akan berbicara mengenai profil investor. Ada 3 (tiga) tipe investor, yaitu risk taker, moderat dan konservatif. Nah, seberapa besar keuntungan yang ingin didapat oleh seorang investor ditentukan oleh diri mereka sendiri dalam mengambil keputusan investasi. Ada  istilah dalam dunia investasi, High Risk High Return, semakin besar risiko yang diambil maka kemungkinan pengembaliannya akan lebih tinggi. Dua pertimbangan lainnya, keamanaan dan kemudahaan, merupakan faktor yang ditawarkan oleh perusahaan investasi. Kedua hal tersebut dapat menarik minat investor untuk berinvestasi melalui satu perusahaan dibanding perusahaan lainnya. Pada artikel ini akan lebih membahas rasa aman dan mudah yang ditawarkan oleh perusahaan investasi yang ada di Indonesia.

Reksa Dana
Sumber Gambar : bisnis.liputan6.com

Sebelum berbicara mengenai keamanan dan kemudahan dalam berinvestasi, mari kita mengulas sedikit mengenai apa itu investasi. Investasi merupakan suatu kegiatan menaruh atau mengeluarkan sejumlah uang tertentu kepada pihak lain dengan harapan uang yang dikeluarkan akan berkembang. Investasi ditandai dengan jangka waktu tertentu, dimana hasil atau keuntungan baru akan didapat oleh investor setelah jangka waktu yang disepakati terlewati. Ada beberapa jenis investasi yang dapat dilakukan oleh investor, seperti misalnya melalui Saham, Deposito, Obligasi, Emas atau Reksa Dana. Tentunya masing-masing jenis investasi tersebut memberikan keuntungan dan risiko yang berbeda-beda bagi para investor.

reksadana
Sumber Foto : Dokumen Pribadi

Apa Itu Reksa Dana?

Salah satu investasi yang patut dipertimbangkan oleh para investor, baik pemula atau yang sudah mahir, adalah Reksa Dana. Reksa Dana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi untuk kemudian diinvestasikan ke portofolio efek seperti saham, obligasi dan instrumen pasar uang. Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa Reksa Dana menjadi investasi yang menggiurkan untuk diperhitungkan. Pertama, konsep dari investasi Reksa Dana adalah diversifikasi. Dalam satu produk Reksa Dana terdapat beberapa portfolio efek seperti saham, obligasi dan instrumen pasar uang (misal : deposito). Kedua, investasi ini memiliki jumlah minimal investasi yang sangat terjangkau. Bagi investor yang masih ingin belajar atau coba-coba, bisa memulai investasi dengan jumlah yang sedikit. Ketiga, dana yang diinvestasikan pada Reksa Dana akan dikelola oleh manajemen yang profesional. Keempat, investor dapat dengan mudah mengetahui kebijakan investasi sebuah Reksa Dana melalui prospektus, dan mendapatkan informasi tentang kinerja dari sebuah Reksa Dana dari laporan bulanan yang secara rutin wajib diterbitkan oleh Manajer Investasi

Reksa Dana
Sumber Foto : Reksadana.danareksaonline.com

Mengenal Danareksa Investment Management (DIM)

Di Indonesia terdapat banyak perusahaan investasi yang menawarkan produk Reksa Dana, salah satu dari perusahaan tersebut yang akan dibahas di sini adalah Danareksa Investment Management (selanjutnya disebut DIM). DIM merupakan anak perusahaan dari PT Danareksa (Persero) yang didirikan tahun 1992. Tugas utama DIM adalah mengelola Sertifikat Danareksa yang menjadi “cikal bakal” Reksa Dana. DIM merupakan manajer investasi pertama di Indonesia yang mengeluarkan produk Reksa Dana pada tahun 1996. Pengalaman DIM yang sudah lebih dari 1 dasawarsa tersebut menjadi salah satu indikasi bahwa perusahaan tersebut memiliki kredibilitas di pasar modal Indonesia.

Dalam rangka mewujudkan visi perusahaan, Menjadi Manajer Investasi Berstandar Internasional yang Terbesar dan Terpercaya di Indonesia, Danareksa Investment Management memanfaatkan perkembangan dari penggunaan internet dan teknologi informasi, yaitu dengan menyediakan layanan investasi online. layanan ini memungkinkan para investor untuk tidak beranjak dari tempat duduknya dan pergi ke kantor perusahaan investasi apabila ingin melakukan transaksi. Layanan ini memberikan kemudahan bagi para nasabah dari DIM. Beberapa fitur yang dimiliki Reksa Dana Online adalah :

  • Transaksi pemesanan Reksa Dana, keikutsertaan program “Investasiku Masa Depanku”, dan penjualan kembali Reksa Dana langsung dari depan komputer.
  • Laporan saldo & sejarah transaksi setiap harinya, Anda dapat memantau posisi terakhir dari portofolio investasi Anda demi membantu Anda dalam mengambil keputusan atas investasi Anda.

Investasi Reksadana Mudah dan Aman dengan Danareksa Investment Management (DIM)

Kemudahan bertransaksi dihadirkan dari awal seorang investor ingin bergabung di DIM. Apabila Anda ingin melakukan pendaftaran, cukup mengunjungi http://reksadana.danareksaonline.com, lalu melakukan registrasi di sana. Berikut adalah skema pendaftaran untuk Investasi Reksa Dana Online DIM :

Sumber Foto : Dokumen Pribadi berdasarkan Pedoman Penggunaan DONE (Danareksa Online ) Ver.2
Sumber Gambar : Dokumen Pribadi berdasarkan Pedoman Penggunaan DONE (Danareksa Online ) Ver.2

Setelah selesai melakukan pendaftaran, Anda akan menerima email dari sistem Danareksa yang berisi data pribadi dan 3 (tiga) lampiran dokumen (formulir pendaftaran yang telah Anda isi sebelumnya, S&K pembukaan rekening dan S&K penggunaan fasilitas online). Cetak lampiran tersebut, jangan lupa tanda-tangan pada kolom pernyataan dan pengesahan nasabah. Kirim berkas tersebut beserta dokumen pendukung yang diminta ke alamat PT Danareksa Investment Management atau bisa juga email ke reksadanaonline@danareksa.com. Setelah dokumen lengkap dan diverifikasi, pihak Danareksa akan mengirimkan username dan password ke email Anda.  Setelah menerima username dan password, Anda bisa melakukan log in di website DIM dan mulai melakukan transaksi.

Investor tidak perlu khawatir akan keamanan data yang digunakan untuk melakukan pendaftaran atau bertransaksi online di Danareksa Investment Management. Dikutip dari liputan6.com, terdapat beberapa hal yang bisa menjamin keamanan suatu transaksi online :

1) Website yang aman dilengkapi dengan sertifikat SSL. Website yang dilindungi dengan sertifikat SSL akan mempunya tampilan dengan nama URL yang ditambahkan S dibelakang http, https.

2) Ciri lain dari website yang aman dan telah dipasang fitur teknologi keamanan sertifikat SSL adalah website yang memiliki simbol atau tanda gembok pada tampilan sisi kiri alamat website.

Berikut adalah tampilan website DIM saat akan pengisian data registrasi dan log in. Dari kedua gambar tersebut dapat dipastikan bahwa website dari anak perusahaan Danareksa ini memenuhi 2 (dua) syarat keamanan untuk transaksi online yang sudah disebutkan di atas.

investasi reksa dana
(Sumber : reksadana.danareksaonline. com)
resa dana
Sumber Foto : reksadana.danareksaonline.com

3) Selain itu, DIM juga memfasilitasi investor dengan sToken. Apabila ada transaksi penjualan Reksa dana, investor diminta untuk melakukan transaksi tersebut dengan mengisi sToken yang dikirim ke nomer seluler yang telah didaftarkan sebelumnya.

Reksa Dana
Sumber Foto : reksadana.danareksaonline.com

 

Selamat berinvestasi Reksa Dana!

Sumber Rujukan :

https://reksadana.danareksaonline.com/

Ingin belanja online kenali dulu ciri website yang aman

Minat investasi di indonesia meningkat

Pedoman Penggunaan DONE (Danareksa Online) Ver.2 PT Danareksa, 2010

”Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog ‘Blogging Competition – Reksa Dana Online DIM, Investasi Aman dan Mudah’. Isi dan tulisan dari artikel/blog post ini diluar tanggung jawab Danareksa Investment Management”

Advertisements

2 thoughts on “Pilihan Tepat Berinvestasi Reksa Dana : Danareksa Investment Management (DIM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s